Beranda » Ikan-ikan Hiu Terganas Di Dunia

Ikan-ikan Hiu Terganas Di Dunia



Di dunia hewan makhluk ini sempurna, tak kenal belas kasihan, dan selalu lapar. Mereka tidak pernah tidur dan menjelajahi lautan layaknya torpedo bertenaga nuklir. Penampakannya menakutkan semua orang, meski beberapa di antaranya bisa muncul dan menyerang tanpa diduga-duga sebelumnya.

Hiu Putih, Si Penyeringai
Hiu jenis yang satu ini berkeliaran di sekitar laut Australia Selatan, Afrika Selatan, dan sering mendekati penyelam-penyelam kesasar sambil (mungkin) bilang: "Tadi manggil saya, mas?"
Hiu-hiu ini punya reputasi sebagai predator kejam, apalagi mereka ini disebut sebagai "mesin makan" tidak sistematik. Mereka menyerang dari bawah dengan tujuan mencari tahu apa yang sedang mengapung di permukaan.Hiu-hiu putih besar tidak hanya berenang, mereka juga bisa terbang!Lihat juga gambar-gambar lainnya memburu hiu putih di False Bay di sini.
Yang di bawah ini sungguh-sungguh akan memacu jantung Anda di lautan: monster ganas itu menembus gelombang dan akan terbang menuju Anda dengan rahang yang berdarah-darah. Ok, mungkin ceritanya gak seserem itu, tapi kalo udah begini tetap aja, kabuuur...Hiu Macan (Tiger Shark)Hiu Macan merupakan hiu predator terbesar ke-empat. Hiu ini berburu dengan diam-diam dan senyap, biasanya berburu di malam hari. Namanya diambil dari garis (belang) gelap di tubuhnya, yang makin melebar saat hiu dewasa. Memiliki reputasi buruk karena menyerang manusia yang sedang berenang, penyelam bawah laut, dan para surfer di Hawaii dan sering disebut-sebut sebagai "the wastebasket of the sea" alias "kotak sampah di laut".

Hiu Banteng (Bull Shark)Hiu banteng sering menjelajahi perairan dangkal dan secara tiba-tiba bisa bergerak cepat dan sangat agresif. Mereka hidup dalam suatu teritorial yang dengan ekstrim mereka jaga. Apa saja yang memasuki teritorial mereka akan diserang. Hiu-hiu banteng berada di antara empat spesies yang paling berbahaya bagi manusia.
Gambar pertama di atas adalah hiu Shortfin Mako, salah satu spesies yang secara resmi bertanggung jawab terhadap 8 serangan tiba-tiba pada manusia dengan 2 diantaranya berakibat fatal dan juga diketahui menyerang hingga 20 kapal boat.
Jika dilihat dari ukurannya, bahkan hiu terbesar yang pernah ditemukan di bumipun tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan monster-monster prasejarah, seperti Liopleurodon ini:
Catatan: yang berada di mulut Liopleurodon itu bukan hiu, melainkan seekor plesiosaur besar, yang ukurannya sendiri sebesar kapal ukuran medium.

Beberapa fakta mengenai hiu:
  • Seekor hiu tidak memiliki tulang tunggal di tubuhnya. Rangka tubuhnya dibentuk oleh tulang rawan/muda (seperti tulang pada telinga Anda).
  • Swell Shark, ditemukan di New Zealand, menggonggong seperti anjing.
  • Benda-benda asing seringkali ditemukan di dalam perut seekor hiu, seperti botol anggur, peluru, kaleng drum, dan bahkan sebuah torpedo.
  • Seeekor hiu memiliki lapisan denticles, yang merupakan gigi yang kecil dan setajam silet.
Tidak semua hiu-hiu besar hidup di perairan tropis yang hangat. Terdapat spesies hiu (yang masih menjadi tanda tanya bagi para ilmuwan biologi) yang hidup di kedalaman perairan Artic (kutub utara) - kadang-kadang ditemukan pada kedalaman hingga 600 meter:
Hiu-hiu Greenland Bersembunyi di antara Es-es Kutub Utara
Si hiu tukang tidur... : Hiu terbesar di greenland ukurannya sebanding dengan hiu putih, meskipun tidak ada catatan bahwa mereka pernah menyerang manusia. Perhatikan gigi-giginya: kecil tapi setajam silet... (kayak acara infotainment).
Nick Caloyianis dari National Geographic melukiskan pertemuannya dengan hiu Greenland seperti bertemu sebuah double-barreled shotgun. Mulutnya sedikit terbuka, memperlihatkan barisan giginya yang kecil dan tajam. Matanya seperti berkabut di atasnya, seperti pada ikan yang sudah mati.
Makhluk ini hampir tidak bisa melihat, tapi mereka punya mulut yang besar yang cukup untuk melahap seekor anjing laut dewasa. Ada juga cerita beruang kutub yang dimangsanya di mulut sungai.
Ok, mungkin Anda penasaran, hiu mana yang punya mulut paling besar dan mangsa sebesar apa yang sanggup ditelannya?
Hiu Mulut SuperbesarYang ini sangat jarang (hanya sedikit yang sejauh ini pernah terlihat), hiu yang hidup di kedalaman air dengan mulut yang luar biasa besar dengan bibir besar yang lunak. Tidak hanya luar biasa besar tapi juga bersinar menakutkan (untuk menarik plankton mendatangi cahaya). Baca selengkapnya di sini, sepertinya ini lebih mirip spesies Coelacanth jaman dulu yang sudah punah ketimbang seekor hiu biasa.
Spesies ini belum dikenal hingga keberadaanya diketahui pada tahun 1976: sejauh ini hanya 41 hiu jenis ini yang sudah ditemukan.
Hiu Hantu (Ghost Shark)Dan yang satu ini adalah seekor hiu hantu dengan mata kuningnya yang besar, yang menerangi dalamnya laut dengan lampunya yang suram.
Hiu hantu (atau "hiu gajah") punya moncong panjang yang sangat aneh, berbeda dari hiu-hiu jenis lainnya, dengan kulit anehnya yang halus dan berlendir,

Terakhir, sebagai tambahan coba lihat gambar di bawah ini: ini adalah telur hiu hantu (hampir semua jenis hiu melahirkan anak-anaknya. Hanya sedikit hiu yang bertelur seperti ini).


www.gangunik.blogspot.com