Beranda » Bahan Bakar Dari Sampah

Bahan Bakar Dari Sampah

Peneliti dari lab biologi sintetik University of California telah menggunakan bakteri yang ditemukan pada tempat pembuangan sampah di awal tahun 1980-an yang bisa digunakan untuk mengubah limbah alami menjadi bahan bakar yang tidak berbeda dengan bahan baker berbasis fosil.

Metode yang digunakan memungkinkan limbah agrikultural seperti sampah tanaman jagung dan pohon tebu diubah menjadi bensin.

http://www.demakkab.go.id/pertanian_tebu.gif

Dengan perbaikan di tingkat produksi dengan teknik pembuatan yang lebih baik, para peneliti memperkirakan biaya produksinya dapat ditekan hingga sekitar 1,65 dolar AS per galon untuk bahan bakar berbasis sampah pohon tebu.



Peneliti di lab menggunakan bakteri yang ditemukan pada awal 1980-an yang hidup di tempat pembuangan sampah yang sudah ditinggalkan, dan kemudian mengombinasikannya dengan ragi. Ketika dicampurkan dengan tanaman organik, bakteria tersebut mencernanya dan memproduksi asetat kimia. Ragi kemudian mengonversi asetat tersebut menjadi methyl halide, yang dapat dikumpulkan dan dikonversi menjadi bensin.
www.gangunik.blogspot.com