Beranda » Standar Isi Mata Pelajaran Seni Budaya untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)

Standar Isi Mata Pelajaran Seni Budaya untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)


A.    Latar Belakang
Muatan seni budaya sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan tidak hanya terdapat dalam satu mata pelajaran karena budaya itu sendiri meliputi segala aspek kehidupan. Dalam mata pelajaran Seni Budaya, aspek budaya tidak dibahas secara tersendiri tetapi terintegrasi dengan seni. Karena itu, mata pelajaran Seni Budaya pada dasarnya merupakan pendidikan seni yang berbasis budaya.
Pendidikan Seni Budaya diberikan  di sekolah karena keunikan perannya yang tak mampu diemban oleh mata pelajaran lain.  Keunikan tersebut terletak pada pemberian pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berekspresi/berkreasi dan berapresiasi melalui pendekatan: “belajar dengan seni,” “belajar melalui seni” dan “belajar tentang seni”.
Pendidikan Seni Budaya memiliki sifat multilingual, multidimensional, dan multikultural. Multilingual bermakna pengembangan kemampuan mengekspresikan diri secara kreatif dengan berbagai cara dan media seperti bahasa rupa, bunyi, gerak, peran dan berbagai perpaduannya. Multidimensional bermakna pengembangan beragam kompetensi meliputi konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis, evaluasi), apresiasi, dan  kreasi dengan cara memadukan secara harmonis unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika. Sifat multikultural mengandung makna pendidikan seni menumbuhkembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi terhadap beragam budaya Nusantara dan mancanegara. Hal ini merupakan wujud pembentukan sikap demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam masyarakat dan budaya yang majemuk.
Pendidikan Seni Budaya memiliki peranan dalam pembentukan pribadi peserta didik yang harmonis dengan memperhatikan kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai multikecerdasan yang terdiri atas kecerdasan intrapersonal, interpersonal, visual spasial, musikal, linguistik, logik matematik, naturalis serta kecerdasan adversitas (AQ), kreativitas (CQ), spiritual dan moral (SQ).
Bidang seni rupa, musik, tari, dan teater memiliki kekhasan tersendiri sesuai dengan kaidah keilmuan masing-masing. Dalam pendidikan seni budaya, aktivitas berkesenian harus menampung kekhasan tersebut yang tertuang dalam pemberian pengalaman mengembangkan konsepsi, apresiasi, dan kreasi. Semua ini diperoleh melalui upaya eksplorasi elemen, prinsip, proses, dan teknik berkarya dalam konteks budaya masyarakat yang beragam.

B.     Tujuan
Mata pelajaran Seni Budaya bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Memahami konsep dan pentingnya seni budaya
2.      Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya
3.      Mengekspresikan kreativitas melalui seni budaya


C.    Ruang Lingkup
Mata pelajaran Seni Budaya meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.      Seni rupa, mencakup keterampilan tangan dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya
2.      Seni musik, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vokal, memainkan alat musik, apresiasi karya musik
3.      Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari
4.      Seni teater, mencakup keterampilan olah tubuh, olah pikir, dan olah suara yang pementasannya memadukan unsur seni musik, seni tari dan seni peran.
Di antara keempat bidang seni yang ditawarkan, minimal diajarkan satu bidang seni sesuai dengan kemampuan sumberdaya manusia serta fasilitas yang tersedia. Pada sekolah yang mampu menyelenggarakan pembelajaran lebih dari satu bidang seni, peserta didik diberi kesempatan untuk memilih bidang seni yang akan diikutinya.

D.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Seni Rupa

1.      Mengapresiasi karya seni rupa
1.1     Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan
1.2     Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara
2.      Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni rupa
2.1     Mendiskusikan karya seni rupa terapan yang memanfaatkan berbagai teknik dan corak
2.2     Melaporkan pengamatan terhadap karya seni rupa terapan yang memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara
Seni Musik

1.      Mengapresiasi karya seni musik
1.1     Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik
1.2     Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik
2.      Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni musik
2.1     Memainkan musik
2.2     Mendiskusikan persiapan pertunjukan musik yang diselenggarakan di sekolah
2.3     Mendiskusikan suatu pertunjukan musik


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Seni Tari

1.      Mengapresiasi karya seni tari
1.1   Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari
1.2   Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni tari di wilayah Nusantara
2.      Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni tari
2.1   Mengidentifikasi gagasan untuk disusun ke dalam tari kreasi dalam bentuk tari tunggal atau berpasangan/kelompok
2.2   Mendiskusikan tari  kreasi yang berbentuk tari tunggal atau berpasangan/kelompok
Teater

1.      Mengapresiasi karya seni teater
1.1   Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis pertunjukan teater
1.2   Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) pertunjukan teater
2.      Mengekspresikan diri berkaitan dengan seni teater
2.1   Merancang persiapan pergelaran teater
2.2   Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater



E.     Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.



www.gangunik.blogspot.com